Mie Rebus

Bismillah

Cuaca agak dingin. Maklum musim dingin. Pengen bikin yang anget-anget. Jadi deh mie rebus ala selma…hehehe

Resep Mie Rebus
Sumber: Kreasi Sendiri

Bahan:

1. 1 bungkus mie instan
2. 1/4 ikat sawi
3. 1 buah tomat
4. 1 butir telur
5. 1 siung bawang merah
6. 250 ml air

Cara Membuat:

1. Iris bawang, tomat dan sawi.
2. Tumis irisan bawang, masukkan tomat dan juga sawi. Tumis sampai sawi layu.
3. Tuang air, masukkan telur diceplok diatas air. Tunggu telur setengah matang.
4. Masukkan mie. Masak hingga mie matang. Jangan sampai lembek ya.
5. Sajikan hangat di mangkuk saji.

Selamat Mencoba ^_^

Mie Ikan

Bismillah

Persis cara bikinnya dengan mie ayam, cuma ini diganti ikan. Wangi banged, wangi ikannya, wangi rempahnya plus dsajikan dengan perkedel, nyam coba deh…

Resep Mie Ikan
Sumber: Kreasi Sendiri

Bahan:

1. 1 ekor ikan kembung
2. 1 ikat sawi
3. 1 butir kemiri
4. 1/2 sdm ketumbar
5. 1 sdt jinten
6. 1 sdt adas manis
7. 10 butir merica
8. 2 buah pala
9. 3 siung bawang putih
10. 3 siung bawang merah
11. Irisan 3 siung bawang merah
12. Irisan 1 siung bawang putih
13. 1 ruas jahe
14. 2 lembar daun salam
15. 2 lembar daun jeruk
16. 1 batang sereh
17. 1/2 sdm ebi giling
18. 1 ruas jari kunyit
19. 5 sdm kecap
20. 3 sdm saos
21. Garam secukupnya
22. 1 bungkus spaghety

Cara Membuat:

1. Rebus mie spaghety dengan 1 sdm minyak lalu tiriskan
2. Tumis irisan bawang hingga harum.
3. Masukkan bumbu halus(No. 3-10), ikan yang sudah dihaluskan, kunyit, jahe dan ebi giling, aduk rata.
4. Masukkan sawi, tumis hingga layu
5. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh
6. Tuang kecap dan saos lalu bubuhkan garam
7. Tambahkan air secukupnya. Masak hingga mendidih.
8. Atur mie dalam mangkuk saji, tambahkan perkedel dan kerupuk lalu siram dengan kuah mie ikan.

Selamat Mencoba ^_^

Mie Aceh Rebus

Bismillah

Mie aceh adalah salah satu makanan favorit yang selalu ada di daftar kulliner yang harus disantap setiap mudik. Di rumah nemu spaghetty dan iseng-iseng bikin mie aceh sederhana untuk santapan berbuka puasa. Alhamdulillah yummy.

Resep Mie Aceh
Sumber: MBM

Bahan:

1. 1 bungkus Spaghetty
2. 2 sdm ebi giling
3. 2 genggam toge
4. 6 siung bawang merah
5. 3 siung bawang putih
6. 9 buah cabe merah
7. 1 buah tomat
8. 10 butir merica
9. 1 sdm ketumbar
10. 1 ruas jari jahe
11. 2 butir kemiri
12. Daun bawang secukupnya
13. Daun sop secukupnya
14. Irisan bawang merah dan cabe rawit(untuk taburan)
15. Kecap manis secukupnya
16. Garam
17. Air

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus(No 4-11) sampai berubah warna
2. Masukkan ebi giling/seafood, bisa juga ayam atau daging kemudian aduk hingga meresap.
3. Masukkan spaghety dan sayuran, aduk, tuang kecap dan taburi garam
4. Terakhir masukkan bumbu iris dan air, tunggu mendidih
5. Hidangkan panas ditaburi bawang merah dan cabe rawit

Selamat Mencoba^_^

Posted from WordPress for BlackBerry.

Mie Telur Daging

Bismillah

Malam lebaran idul fitri zauji request mie, ubek-ubek dapur umi ketemu daging dendeng, mie telur dan sayur-mayur yang lumayan lengkap. yuhuuu….langsung deh mulai masak mie nya. Masak mie ini bareng zauji(zauji bantu motong-motong bahannya).

Resep Mie Telur Daging
Sumber: Kreasi Sendiri

Bahan:

1. 1 bungkus mie telur
2. 3 daging dendeng(bisa diganti ayam, ikan, ebi dsb)
3. 1 butir telur
4. Sayur-sayuran(sawi, paprika, kol dll)
5. 1 sdt Rempah halus
6. Seledri secukupnya
7. Merica halus dan garam secukupnya
8. Minyak goreng
9. 3 siung bawang merah
10. 3 siung bawang putih
11. 3 buah cabe merah
12. Kecap

Cara Membuat:

1. Rebus mie telur dengan sedikit minyak(supaya nggak lengket), tiriskan.
2. Haluskan bawang dan cabe. Tumis bumbu halus dan rempah, masukkan daging, aduk sampai meresap, masukkan sayur. Aduk lagi sampai layu.
3. Masukkan telur, aduk orak arik.
4. Masukkan mie, aduk rata lalu tuang kecap, aduk lagi.
5. Bubuhkan garam dan merica kemudian taburkan irisan seledri.
6. Masak hingga matang. Sajikan

Selamat Mencoba^_^

Bihun Goreng Ebi

Bismillah

Ayanku yang gembil suka banged dengan mie-mie an….mumpung ada bihun di rumah, dari pagi merengek minta dibuatin bihun goreng. Ok deh, siap-siap ambil celemek dan mulai deh bertempur di dapur. ;)

Resep Bihun Goreng Ebi
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1 bungkus bihun
2. 2 sdm ebi
3. 3 siung bawang merah
4. 3 siung bawang putih
5. Kol secukupnya
6. 1 butir telur
7. Garam secukupnya
8. Kecap manis dan saus sambal
9. Cabe merah 5 buah
10. 1 sdt ketumbar halus
11. 1 sdt merica halus

Cara Membuat:

1. Rebus bihun dan tiriskan.
2. Haluskan bawang, ebi dan cabe.
3. Tumis bumbu halus, masukkan kol secukupnya, tumis hingga layu.
4. Masukkan telur, aduk-aduk, lalu masukkan bihun.
5. Tuang kecap dan saus serta bubuhkan garam dan rempah halus, aduk. Goreng bihun hingga matang.

Selamat Mencoba ^_^

Bola-bola Mie

Bismillah

Mie adalah makanan favorit bagi segala kalangan usia. Anak-anak pun suka dengan mie. Apalagi kalau mie nya berbentuk bulat2 seperti ini. Tinggal lep….hehee
Ada cerita lucu ketika pembuatan bola-bola mie ini…sedang asyik2nya ana dan harits membuat bola-bola mie, abinya plg kelaparan…gk sbr lagi pengen nyomot bola-bola mie ini…padahal blm digoreng….alhasil setelah digoreng, gak pake lama langsung makan deh….oya, karena kebetulan di rumah gk ada tepung panir, ana akali dengan roti yang dipanggang di wajan lalu ana blender halus, jadi deh tepung panir buatan sendiri, kreatif kan? :D

Resep Bola-bola Mie
Sumber: Bunda Inara~Uriella

Bahan:
1. Merica 5 btr (ana skip karena untuk anak-anak)
2. Bawang Merah 3 siung ( haluskan )
3. Bawang Putih 2 siung ( haluskan )
4.Telur 2 butir ( kocok lepas )
5. Tepung terigu secukupnya
6. 1 buah roti
7. Margarin secukupnya
8. Mie instan 2 bungkus ( Rebus lalu tiriskan )
9. Garam, gula, penyedap rasa ayam secukupnya.

Cara Membuat:

1. Panaskan sedikit margarin
2. Masukkan bawang merah, b.putih yang telah di haluskan lalu tumis sampai wangi
3. Campurkan hasil tumisan diatas dgn tepung terigu, mentega, garam, gula, penyedap rasa ayam, aduk, lalu tambahkan sedikit air aduk terus hingga kental.
4. Masukkan mie ke dalam campuran diatas aduk rata, kemudian bentuk seperti bola kecil.
5. Celupkan bola mie kedalam telur kemudian guling-gulingkan ke dalam tepung panir(saya menggunakan roti yang di blend halus)
6. Goreng dalam minyak panas hingga ke kuningan angkat dan tiriskan.
7. Sajikan selagi hangat.

Selamat Mencoba ^_^