Ahlan Wa Sahlan

IMG-20130430-WA003

***
Bismillah

Ahlan wa sahlan

Selamat Datang di Dapur Comel Selma Wahida

Anda sekarang berada di zona suka duka perjuangan seorang ibu rumah tangga dalam mempersembahkan yang terbaik kepada keluarga tercinta….

Silahkan nikmati suguhan foto-foto aneka makanan beserta resepnya

Nyamankan diri anda dengan tips-tips menarik seputar masakan

Penulis sangatlah baru dalam dunia masak memasak….

Jadiii…
Penulis sangat berharap oleh-oleh kritikan dan sarannya supaya penulis bisa lebih bersemangat berjuang di kancah perperangan di negeri Para Ibu….dapur tercinta

Akhir kata,,,,
Home sweet home
Tiada tempat seindah rumah
Anggap rumah sendiri yaaa
Mari saling berbagi dan berkreasi

Syukron
Wa
Jazakillahu khairan

Love

Selma Wahida

Bakwan Makaroni

Bismillah

Benar-benar nggak nyangka kalau bakwan makaroni ini sesedap ini. Rasanya bahagia banged. Semuanya suka sekali. Yang kurang cuma satu, kurang banyak. Padahal niat awal mau berbagi sama tetangga, tapi ludes. Zauji makan pakai dicampur gulai segala. Bakwannya gurih plus rasa makaroninya unik. Garing banged deh. InsyaAlloh next time resepnya didouble. Nggak bakalan cukup kalau buat satu resep. Padahal bahannya belum lengkap, minus toge. Gimana kalau pakai toge mungkin lebih yummy. Yuk coba yuuuk. Sajian mbak rina ini memang kreatif dan enak.

Resep Bakwan Makaroni
Sumber: Rina Audie

Bahan :

1. 75-100 gram makaroni pipa
2. 150 gram tepung terigu
3. 25 gram tepung beras
4. 1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
5. 1/2 sdt garam
6. 1/4 sdt merica bubuk
7. 175 ml air
8. 1 buah wortel, potong dadu kecil
9. 3 lembar kol, iris tipis
10. 50 gram tauge
11. 1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :

1. 2 siung bawang putih
2. 2 butir kemiri
3. 1 cm kunyit

Cara membuat :

1. Rebus makaroni sampai matang. Angkat, tiriskan dan rendam dalam air dingin supaya tidak lengket. Tiriskan kembali.
2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata.
3. Masukkan makaroni, wortel, kol, tauge dan daun bawang, aduk rata.
Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan sambil dilebarkan. Siram-siram bakwan dengan minyak panas dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

Selamat Mencoba ^_^

14 Nov 2014

Cinnamon Apple Cake

Bismillah

Oh No!!! Apel saya membeku semua. Mana masih sisa banyak. Astaghfirulloh…ini akibat kulkas saya yang rusak. Berubah jadi freezer, semuanya jadi membeku. Tomat membeku, kol membeku, wortel sampai apel. Hiks sayang apelnya. Ya sudah, bismillah saya cek resep mana tau apelnya masih bisa dipakai. Ketemu resep mbak rina. Pas banged dengan apel yang sisa empat. Kayaknya memang berjodoh dengan resep ini.

Dari subuh saya cairkan esnya diluar kulkas, alhamdulillah jam 9 an apelnya kembali bagus. Nggak rusak. Masih putih dalamnya. Alhamdulillah. Bisa langsung eksekusi resep deh.

Cake ini asli beneran enaaaak banged. Mamamia lezatos. Tanpa eneg, seger lagi ada apelnya trus berpadu dengan gula palem yang lemak nikmat. Nggak nyangka hasil cake nya seenak ini. Bisa-bisa ketagihan bikin ni. Buatnya juga nggak susah. Ada wangi kayu manisnya, hmm sedap. Ini sebenarnya french apple cake, tapi dimodifikasi mbak rina dengan kayu manis. Tambah enak…anak-anak suka sekali. Mau lagi dan lagi. Ditemani teh hangat di pagi yang sejuk, sarapan pagi ini jadi bermakna. Jazakillahu khairan buat resep eundangnya mbak rina. Cocok deh dengan selera saya.

Resep Cinnamon Apple Cake
Sumber : French Apple Cake – David Lebovitz
Modif : Rina Audie

Bahan :

1. 4 butir apel
2. 1/2 sdt kayumanis bubuk
3. 110 gram tepung terigu serbaguna
4. 3/4 sdt baking powder
5. Sejumput garam
6. 2 butir telur
7. 1/2 sdt vanili
8. 50 gram gula palem
9. 75 gram gula pasir (saya 50 gram saja sudah pas manisnya)
10. 113 gram mentega/margarin, lelehkan, dinginkan

Cara Membuat :

1. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
2. Kupas apel, potong dadu dan rendam dalam air jeruk nipis supaya tidak menghitam.
3. Kocok telur, vanili, gula palem dan gula pasir sampai kental dan mengembang ± 5 menit.
4. Masukkan terigu, baking powder dan garam dengan cara diayak, kocok dengan speed rendah sampai rata. Matikan mixer.
5. Tuangkan margarin leleh, aduk rata menggunakan spatula sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat kental dan pekat.
6. Tiriskan apel sampai airnya benar-benar tiris, taburi kayumanis bubuk. Masukkan ke dalam adonan terigu, aduk rata sampai apel terbalut adonan. Tuang ke dalam loyang dan ratakan.
7. Panggang dalam oven selama 50-60 menit. Lakukan tes tusuk.

Selamat Mencoba ^_^

10 Nov 2014

Apam Salju-Apam Snow White-Apam Tepung Beras

Bismillah

Kue basah tradisional lagi, gilirannya si cantik apam. Apam yang dijuluki apam snow white atau apam salju ini termasuk kue yang terbilang mudah proses pembuatannya. Hasilnya juga lumayan nikmat. Semua suka. Hanya saja saya buatnya kebanyakan ni. Sepertinya buat keluarga kecil seperti keluarga saya, pakai setengah resep saja.

Apam berbeda dengan kue mangkok, bedanya sih sedikit saja, kalau kue mangkok seperti bunga, ada mekarnya, kalau apam, membentuk cetakannya saja. Tidak mekar seperti kue mangkok. Berbagai macam resep apam. Bisa juga menggunakan tape. Yuk intip resepnya.

Resep Apam Salju-Apam Snow White-Apam Tepung Beras
Sumber: My Resepi

Bahan :

1. 3 gelas tepung beras
2. 1 cawan tepung terigu
3. 2 gelas gula pasir
4. 2 cawan nasi
5. 3 cawan air
6. 1 bungkus fermipan

Cara Membuat :

1. Masukkan semua bahan selain nasi dan air ke dalam mangkok. Aduk hingga tercampur rata
2. Blender nasi dan air hingga halus.
3. Campur nasi yang telah di haluskan ke dalam mangkok yang berisi tepung.
4. Diamkan selama kurleb 1 jam. Jangan lupa tutup dengan kain serbet
5. Olesi cucing dengan minyak tipis saja. Masukkan adonan, dan kukus selama 15 menit hingga matang
6. Hidangkan dengan kelapa parut .

Selamat Mencoba ^_^

9 Nov 2014

Kolak Campur

Bismillah

Pagi memasuki musim dingin. Kalau dingin-dingin, bawaannya selalu laper ya. Apalagi ada tanggungan beybi dalam perut. Hehee alesan aja ni supaya bisa banyak makan. Yang hangat-hangat favoritnya keluarga saya apalagi kalau bukan kolak. Kolak bener-bener favorit zauji plus anak-anak. Nah, spesial buat pagi ini saya membuat yang komplit, ada ubinya, ada pisangnya plus ketan putih. Wah ternyata satu porsi dapat banyak. Saya nggak kuat menghabiskan seporsi. Dibantu sama dua krucil yang lahap banged mam kolaknya baru deh habis juga seporsi. Alhamdulillah, hangat dan nikmat.

Resepnya saya contek dari dapur manis mbak rina, jazakillahu khairan mbak, resepnya selalu saya contek ni. Blognya mbak rina memang kreatif masyaAlloh dan bener-bener menginspirasi saya.

Resep Kolak Campur
Sumber: Rina Audie

Bahan :

1. 150 gram gula merah, disisir
2. 300 ml air
3. 700 ml santan encer  (sisa perasan santan kental)
4. 3 lembar daun pandan, simpulkan
5. 200 ml santan kental dari ½ butir kelapa
6. 300 gram singkong yang telah dikupas, potong dadu(saya skip)
7. 300 gram ubi merah yang telah dikupas, potong dadu (saya ubi kuning)
8. 1 sisir (10 buah) pisang raja, potong bulat
9. 75-100 gram gula pasir
10. ¼-1/2 sdt garam
11. 400 gram ketan putih/hitam

Cara Membuat :

1. Rendam ketan putih semalaman. Kukus ketan putih selama 30 menit, sisihkan.
2. Rebus gula merah dan air sampai gula jadi larut. Saring dan sisihkan. 
3. Tuang santan encer ke dalam panci, menyusul daun pandan, singkong dan ubi. Rebus sampai matang dan empuk. 
4. Masukkan air gula merah, santan kental dan pisang raja. Masukkan juga garam dan gula pasir. Aduk-aduk santan dengan cara ditimba-timba supaya santan tidak pecah. Jangan lupa koreksi rasanya.
5. Setelah mendidih matikan api. 
6. Penyajian : letakkan ketan di dalam mangkuk kemudian tuangi dengan kolak.

Selamat Mencoba ^_^

7 Nov 2014

Setup Apel Pisang

Bismillah

Buat penyegar di siangnya ada setup apel pisang. Pertama kalinya nyoba setup, kata orang-orang sih enak. Beneran enak ternyata, manis dan wangi. Bisa disantap hangat untuk penghangat tubuh atau dingin juga segar. Kalau saya menyantap dingin. Lebih suka. Perpaduan apel dan pisangnya klop. Anak-anak juga suka. Hehehe kalau abdullah kayaknya semua doyan.😉

Resepnya juga saya ambil dari blog mbak rina audie yang menshare resep setup pisang. Yuk silahkan dinikmati setupnya.

Setup Apel dan Pisang
Sumber : Setup Pisang

Bahan :

1. 4 buah apel, potong dadu
2. 2 buah pisang tanduk/uli/kepok/raja, potong serong/bulat
3. 750 ml air
4. 75 gram gula merah
5. 25 gram gula pasir
6. Sejumput garam
7. 1 lembar daun pandan, simpulkan
8. 3 cm kayu manis
9. 3 butir cengkih

Cara Membuat :

1. Rebus air, gula merah dan gula pasir sampai mendidih dan gula jadi larut. Saring.
2. Rebus kembali, masukkan garam, daun pandan, kayu manis dan cengkeh, masak sampai mendidih dan cicip rasanya. Jika kurang manis tambah gulanya.
3. Masukkan apel dan pisang dan rebus sampai pisang matang. Angkat dan sajikan hangat atau dingin.

Selamat Mencoba ^_^

6 Nov 2014

Muffin Apel

Bismillah

Sarapan pagi anak-anak hari ini adalah muffin apel. Tumben-tumbennya bikin muffin karena ngiler lihat stok apel yang ranum-ranum menggoda untuk diolah. Hehehe udah kangen juga sama muffin. Selain buatnya cepat dan simpel. Alhamdulillah anak-anak juga suka sekali. Sensasi apel dan wijennya enak banged, manis. Suka sekali dengan muffin apelnya.

Sayang zauji nggak kebagian muffinnya. Kebetulan zauji lagi pergi ke maktabah. Muffinnya direbut anak-anak nggak disisain. Alhasil diem-diem aja, nggak bilang zauji kalau hari ini buat muffin. Kasihan kalau dikasi tahu tapi nggak kebagian. Next projek sepertinya muffin wortel. Agak penasaran gimana rasanya. Walaupun anak-anak nggak bermasalah dengan sayuran. Abdullah aja yang bayi suka sayuran hijau seperti kacang panjang bahkan yang pahit kadang dicobanya. Tapi tetap penasaran sepertinya rada unik gitu kalau wortel dijadikan muffin. Mudah-mudahan bisa terlaksana. Ok deh, langsung ke resepnya ya, resep saya ambil dari blog mbak rina audie, yang menshare resep sajian sedap.

Resep Muffin Apel
Sumber: Rina Audie-Sajian Sedap

Bahan:

1. 150 gram tepung terigu
2. 1/2 sdm baking powder
3. 1/2 sdt soda kue
4. 1/4 sdt garam
5. 50 gram gula pasir
6. 2 sdm margarin
7. 125 ml homemade buttermilk (125 ml susu cair hangat + 1 sdm air jeruk lemon/nipis)
8. 100 gram apel, parut kasar
9. Wijen secukupnya

Cara Membuat :

1. Panaskan oven suhu 190°C. Siapkan loyang muffin mini, alasi kertas cup. Sisihkan.
2. Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk menggunakan garpu sampai berbutir. 
3. Tuang buttermilk, aduk sampai rata. Masukkan apel dan sebagian coklat keping, asal aduk saja, tidak perlu rata. Jangan overmix ya supaya tidak bantat.
4. Tuang kedalam cetakan, taburkan sisa coklat chips.
5. Oven selama 20 menit sampai permukaannya kuning kecoklatan.

Selamat Mencoba ^_^

6 Nov 2014

Martabak Kentang

Bismillah

Snack teman belajar zauji hari ini martabak kentang. Hampir-hampir mirip saja dengan martabak telur atau martabak tahu, hanya saja yang ini isiannya kentang dan lebih banyak tentunya. Saya suka dengan isiannya yang wangi rempah. Sedap sekali dicocol saus sambal. Resepnya saya pakai resep mbak kamelia dipadukan dengan resep hobimasak.com. Silahkan dicoba dirumah. Goreng-gorengan insyaAlloh selalu banyak peminatnya.

Resep Martabak Kentang
Sumber: Kamelia Marfuah (kulit), hobimasak.com (isi)

Bahan Kulit :

1. 250 gram tepung terigu protein sedang
2. 1 butir telur
3. 500 – 600 ml air
4. 2 sdm minyak goreng
5. Sejumput garam

Bahan Isi:

1. 250 gram kentang, kukus matang, kupas, potong dadu kecil
2. 250 gram daun bawang, iris halus
3. 250 gram bawang bombay, iris halus
4. 5 butir telur ayam
5. 1 sdt ketumbar bubuk
6. 1 sdt jintan bubuk
7. 1 sdt merica bubuk dan 1 sdt garam
8. 1 sdt kunyit bubuk
9. 2 sdt penyedap rasa sapi
10. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

Kulit:
1. Kocok lepas telur, masukkan terigu dan garam, aduk, tuangi air sedikit demi sedikit, aduk hingga licin ( tidak ada gumpalan-gumpalan tepung lagi ), beri minyak goreng aduk rata.
2. Panaskan pan anti lengket, beri sedikit minyak, tuang kurleb 50 ml adonan, ratakan disemua permukaan pan, masak hingga matang ( tidah usah di balik ), angkat, sisihkan.
Lakukan hingga adonan habis. Dinginkan.

Isi:

1. Kocok telur, masukkan ketumbar, jintan, merica, garam, kunyit, dan penyedap rasa sapi, aduk rata.
2. Tambahkan kentang,
daun bawang, dan bawang bombay, aduk hingga rata.
3. Tumis isi hingga masak. Dinginkan.

Penyelesaian:

1. Bungkus isi dengan kulit dadarnya, caranya seperti melipat amplop.
2. Kemudian goreng dengan sedikit minyak, hingga berwarna keemasan.Tiriskan.
3. Sajikan denagn cabe rawit hijau atau saus sambal.

Selamat Mencoba ^_^

5 Nov 2014