Risoles Sosis

Bismillah

Ceritanya zauji lagi galau berat. Gimana ya cara menghiburnya. Udh dimasakin yang enak masih juga galau. Gara-garanya dompetnya ilang jatuh pas shalat jum’at. Di dalamnya ada iqomah(ktp), sim, stnk, dll. Uangnya sih alhamdulillah nggak banyak, cuma ngurus iqomah bisa sampai SR1500, hiks hiks..allahul musta’an…

Jadinya saya bela-belain deh buat suprise bikin risoles kesukaan zauji. Hanya saja…saya bermasalah dengan dadar-mendadar dan gulung-menggulung, slalu gagal. Kadang ketebelan, atau pecahlah, dsb. Trauma gitu deh. Iseng pas buka fb ketemu resep mbak maul, murmer dan mudah. Lengkap lagi tutorial membuatnya.

Nah, ketika ngecek di kulkas, ya Allah kosong, cuma ada sosis dan seledri, padahal pengen buat risoles roghout. Yaudah gak papa, pakai bahan yang ada, nggak mungkin bilang zauji yang lagi galau buat beli bahan-bahan. Terpaksa deh resep mbak maul saya modif sedikit. Maaf ya mbak.

Daaaan
Akhirnya alhamdulillah, saya bisa juga membuat risoles….gulungannya pun udah lumayan rapi. Rasanya enak, gurih. Tepung panirnya saya buat sendiri dari roti yang diblender. Nyoooom….

Resep Risoles Sosis
Sumber: Maul Ummu Sailuq

Bahan Kulit:

1. 150 gram tepung terigu
2. 350 ml susu cair
3. 1 sdm minya goreng
4. 1 butir telur

Bahan Isi:

1. 3 buah sosis ayam
2. 1 batang seledri
3. 3 siung bawang merah
4. 1 sdm tepung maizena
5. 2 sdm saos sambal
6. 10 butir merica
7. 3 siung bawang putih
8. 1 sdm ebi giling
9. 100 ml air kaldu

Bahan Pencelup:

1. 1 butir telur kocok lepas
2. 2 sdm tepung terigu
3. Tepung panir secukupnya

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kulit. Kemudian saring supaya tidak menggumpal.
2. Dadar 1 sendok sayur adonan kulit diatas teflon hingga pinggiran coklat muda.
3. Ulangi hingga adonan kulit habis. Sisihkan.
4. Tumis irisan bawang merah hingga harum.
5. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, ebi giling dan merica halus. Aduk rata.
6. Masukkan saos sambal kemudian masukkan sosis, aduk hingga sosis masak.
7. Tuang air kaldu, taburi seledri lalu masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan.
8. Masak menggunakan api kecil hingga air habis dan mengental.
9. Angkat dan sisihkan.
10. Masukkan sesendok bahan isi ke atas kulit risoles. Lipat seperti melipat amplop. Terus begitu hingga adonan isi habis.

11. Balurkan risoles keatas tepung terigu tipis-tipis.
12. Balut dengan telur dan kemudian tepung panir. Begitu seterusnya hingga semua sudah terbalut tepung panir.

13. Diamkan selama 30 menit supaya tepung panirnya menempel.
14. Goreng hingga keemasan.
15. Sajikan dengan saos sambal.

Selamat Mencoba ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s