Japanese Cheese Cake

Bismillah  

image

Akhirnya kesampaian juga buat cake yang sedang “in” sekarang. Japanese cheese cake, cake keju lembut yang katanya harganya mahaall,,:D  

Sebenarnya nggak ada niat buat, karena memang belum pernah nemu cream cheese disini. Nah kemarin ketika hunting nyari keju di bin dawood, eh ketemu cream cheese. Harganya juga nggak mahal, sama malah dengan keju biasa. Coba-coba deh buat cake keju dari negeri Sakura ini.  

image

Kayaknya japanese cake ku ini baru 50% deh, soalnya nggak setinggi japanese cake biasanya(memang sih saya pake 3 telur). Mengovennya ini lama banged, huhuhu. Bergadang semalaman nunggu cake ini matang, karena start bikin kuenya ketika anak-anak udah tidur. Tapi rasanya enak, lembut. Zauji yang nyoba malah nyangka puding keju -_-. Mudah-mudahan next trial lebih bagus lagi dan kayaknya pakai resep asli aja yang lima telur. Dan harus nabung dulu buat beli cream cheese nya. Resep ini saya adaptasi dari blog mbak rieke. Serta beberapa tips dari bu fatimah bahalwan.  

image

Resep Japanese Cheese Cake
Sumber: Ricke Indriani(modified)  

Bahan:  

1. 125 gram cream cheese, suhu ruang
2. 30 gram butter/margarin
3. 60 ml fresh cream/whip cream cair
4. 30 gram terigu protein sedang/all purpose flour
5. 20 gram maizena
6. 3 kuning telur
7. 3 putih telur
8. 70 gram gula pasir
9. 1/8 sdt garam
10. 1 sdt air jeruk lemon/nipis
11. Toping irisan jeruk
12. 3 sdm Selai mixed fruit
13. 2 sdm air matang  

Cara membuat:  

1. Panaskan oven 160’C. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm olesi bawahnya dengan margarin, alasi kertas roti dan olesi kembali dengan margarin. Bila menggunakan loyang yg ada sambungannya atau loyang springform bungkus bagian luar loyang dengan alumunium foil agar air au bain marie tidak merembes masuk ke dalam loyang, double wrap bila perlu.
2. Panaskan cream cheese, butter, fresh cream/whip cream cair dan keju cheddar parut di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga lembut dan rata. Matikan api.
3. Masukkan terigu dan maizena yang sudah diayak, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan pasta pandan. Aduk rata. Sisihkan.
4. Di wadah terpisah, kocok putih telur, garam dan air jeruk lemon/nipis sampai berbusa. Masukkan gula bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang soft peak.
5. Ambil 1/3 bagian adonan putih telur. Campur dengan adonan cream cheese. Aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur. Aduk balik hingga rata. Jangan terlalu lama mengaduk.
6. Tuang ke loyang, panggang dengan cara au bain marie dengan loyang lain berisi sedikit air. Hingga matang dan permukaannya kecoklatan dan membal bila disentuh.
7. Keluarkan dari oven, biarkan tetap dalam loyang hingga agak hangat. Dinginkan.
8. Panaskan selai dan air, oles permukaan cheese cake dan beri irisan jeruk. Potong-potong dan sajikan.  

Tips    

a. Gunakan api oven tidak lebih dari 150 derajat celcius, dan jangan buka pintu oven kecuali pada menit2 terakhir, sekitar 50 menit.  
b. Belajar dari info yang diberikan Mbak Dian – NAKIA CAKES, tentang cara memanggang Cheese Cake yang pernah ditulisnya. Gunakan dua buah loyang sebagai alas memanggang dgn teknik steam ini. Biasanya kan kita menggunakan aluminium foil untuk membungkus loyang yg terisi adonan, agar tidak kemasukan air. Daripada boros aluminium foil, mending pakai saja loyang lagi. Jadi, Satu loyang berisi adonan, letakkan ke dalam loyang yg ukurannya lebih lebar, kemudian letakkan kembali kedua loyang itu ke dalam loyang lebih lebar lagi yg telah berisi air. Baru dioven, dijamin gak bakal masuk kok airnya. Hemat pula.  
c.Setelah adonan JCC matang, sekitar 60 menit. Jangan terburu-buru mengeluarkan cake dari oven, tapi biarkan saja tetap dlm oven, hanya buka tutup oven sekitar 2 cm , agar suhu oven turun sedikit demi sedikit. Barulah keluarkan, tunggu hingga cake benar2 dingin, Kikis pinggiran cake menggunakan pisau tajam, keluarkan cake, dinginkan ke dlm kulkas sekitar 1-2 jam. Barulah hias sesuai kebutuhan. Setelah itu, untuk hasil yg maksimal, simpan cake dlm kulkas lagi dlm wadah tertutup, sebelum cake dikirim / dinikmati.    

Selamat Mencoba ^_^  

27 Nov 2013  

15 Des 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s