Martabak Telur

Bismillah

Saya sangat suka segala jenis martabak, martabak manis ataupun asin. Dari martabak terang bulan, martabak bangka, martabak mesir ataupun martabak telur. Nomor satu favoritku martabak durian, hmm wangi duriannya membuatku kangen. Selama di Madinah belum sekalipun saya memakan durian dan olahannya, karena memang harganya sangat mahal dan langka.

Ciri khas martabak telur adalah bentuknya yang seperti amplop. Kulitnya yang tipis, apalagi kalau memakai kulit lumpia tentunya lebih tipis. Didalamnya diisi daging atau ayam sebagai teman telur yang merupakan isian utamanya. Seiring perkembangan zaman, martabak telur sudah dimodifikasi menjadi berbagai macam isian, ada martabak tahu, udang dan martabak isi daging. Semuanya tetap enak. Di taklim terkadang disuguhi martabak telur sebagai snacknya.

Puas sebagai penikmat martabak, ada baiknya kalau sesekali mencoba membuat martabak sendiri, menambah experience dan juga mengobati rasa kangen. Martabak manis sudah pernah dicoba dengan segala modifikasinya. Kali ini giliran martabak telur.

Ternyata membuatnya rada-rada tricky dan melelahkan, apalagi berbarengan dengan membuat pizza yang memerlukan proses mengulen. Cukup pegal buatku yang jarang berolahraga. Setelah diulen sampai kalis baru didiamkan di minyak sejam lamanya, bertujuan untuk mendapatkan adonan kulit yang tipis dan lentur. Setelah ditipiskan, barulah diisi dengan telur dan bahan isian lainnya kemudian digoreng. Pembuatan martabak telur bisa juga dengan langsung menipiskan adonan kalis kemudian didadar satu persatu di teflon, baru diisi dengan isian. InsyaAlloh di lain waktu, saya ingin mencoba metode kedua dengan isian berbeda.

Resep Martabak Telur
Sumber: MBM

Bahan Kulit :

1. 250 gram tepung terigu
2. 150 ml air
3. 1/4 sdt garam

Bahan Isi :

1. 3 butir telur rebus
2. 100 gram daging ayam cincang
3. 1 buah bawang bombay
4. 3 siung bawang putih
5. 1/2 bungkus bumbu kari
6. 1 sdt garam
7. 1/4 sdt gula
8. 50 ml air
9. 1 batang daun bawang

Cara Membuat:

1. Uleni bahan kulit sampe kalis dan lembut, bagi mnjadi 5 bagian kemudian rendam dalam minyak selama 1jam.
2. Untuk isian, tumis bawang bombay, bawang putih dan bumbu kari, kemudian masukkan daging ayam cincang, beri gula,garam dan air lalu masak sampe matang.
3. Tipiskan adonan tepung, isi dengan 1/2 butir telur rebus dan adonan ayam secukupnya serta irisan daun bawang, goreng sampai matang.

Selamat Mencoba ^_^

25 Jan 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s