Brownies Lapis Pandan Coklat

Bismillah

Hari ini spesial membuat brownies lapis pandan dan coklat. Enak? Tentu saja, soalnya memang doyan banged sama brownies dan kue coklat. Anak-anak pun begitu. InsyaAlloh kalau buat kue coklat nggak menunggu sehari sudah ludes. Senang sekali menyajikan makanan yang disukai keluarga tercinta.

Resep Brownies Lapis Pandan Coklat
Sumber: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:

1. 4 butir telur
2. 150 gram gula pasir
3. 1 sdt SP

Bahan B:

1. 130 gram tepung terigu
2. 1/2 sdt Baking Powder
3. 1/4 sdt garam

Bahan C:

1. 100 ml margarin/minyak goreng
2. 50 gram White Cooking Chocolate/coklat blok putih

Bahan D:

1. 1/2 sdt pasta coklat
2. 1/2 sdt pasta pandan

Bahan E:

1. 50 gram messes ceres coklat

Cara Membuat:

1. Siapkan bahan C, parut atau serut coklat masak putih denga parutan keju, panaskan margarin/minyak goreng sebentar lalu angkat dari api, kemudian masukkan coklat blok putih parut kedalam margarin/minyak goreng dan aduk hingga rata.
2. Kocok dengan mixer bahan A hingga mengembang kental dan putih, bila baling-baling mixer diangkat adonan agak susah jatuh (jatuh dengan pelan sekali).
3. Tuangkan bahan B yang sudah dicampur rata sedikit demi sedikit kedalam adonan A, tetap gunakan mixer kecepatan rendah untuk mencampurnya hingga rata.
4. Terakhir masukkan bahan C, mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur merata.
5. Bagi adonan brownies menjadi dua bagian yang sama beratnya, satu bagian pasta coklat kemudian aduk hingga rata, satu bagian beri pasta pandan dan aduk hingga rata.
6. Tuangkan adonan brownies warna coklat kedalam loyang loaf ukuran 24x10x7 yang sudah dioles dasarnya dengan margarin dan dialasi kertas roti. Kukus selama 10-15 menit.
7. Setelah lapisan pertama matang, taburi atasnya dengan messes ceres coklat kemudian kukus kembali selama kurang lebih 5 menit agar messes meleleh dan lembab.
8. Setelah itu tuangkan lapisan kedua yaitu adonan brownies warna hijau, lalu kukus selama 15-20 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 sesuai selera dan sajikan.

Tips:

1. Untuk membuat brownies kukus, margarin bisa diganti dengan minyak goreng dengan berat/jumlah yang sama, misalkan 100 gr margarin diatas, bisa diganti dengan minyak goreng sebanyak 100 ml. Dan hasil akhirnya pun akan lebih terasa lembut dan lembab bila dibandingkan dengan menggunakan margarin.
2. Untuk melelehkan white cooking chocolate/coklat blok putih sebaiknya sebelum dilelehkan coklat blok putih di parut halus dengan parutan keju atau diserut dengan pisau secara halus, karena memang coklat blok putih lebih susah untuk mencair, berbeda banget dengan coklat blok pekat/DCC. Setelah diserut atau diparut coklat blok putih masukkan kedalam margarin yang sudah dilelehkan, aduk-aduk hingga meleleh dan tercampur rata dengan margarin cair. Bigitupun bila menggunakan minyak goreng, panaskan minyak goreng lalu masukkan coklat blok putih parut kedalamnya, aduk hingga leleh dan tercampur rata dengan minyak goreng.

Selamat Mencoba ^_^

9 Feb 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s