Sushi

Bismillah

Exited dapat hadiah nori, wakame dan kaldu ikan bubuk dari mbak ella sakata, akhirnya cepet-cepet dieksekusi menjadi aneka rupa masakan jepang. Dari dulu selalu ngiler deh dengan makanan jepang ini, hal ini lumrah karena makanannya berbeda dengan makanan indonesia. Kata mbak ella sih, rasanya memang hanya gurih saja, apalagi bagi pecinta makanan yang memiliki rasa dan aroma yang kuat seperti saya, masakan jepang ini tentulah terasa hambar. Tapi yang namanya penasaran harus diobati dengan mencoba, makanya nggak ragu lagi segera membuat sushi, onigiri dan sup rumput laut ini. Apalagi masakan jepang terkenal sehat dan bergizi tinggi.

Dua tahun yang lalu, saya pernah sekali mencoba sushi pada wisata kulliner bersama ukh rizqa di medan, dan rasanya memang seperti yang diperkirakan. Mencoba membuat sushi seperti yang saya lihat dahulu, bukan dengan ikan tapi ayam dan sosis–hehehe–dan tanpa makito atau sushi roll–alat penggulung sushi. Alhasil bentuknya amburadul. Walaupun begitu puas sekali bisa ngubek-ngubek resep masakan jepang ini. InsyaAlloh lain waktu ingin membuat dengan bahan dan alat yang lengkap, kalau yang perdana mohon dimaklumi saja ya, xixixixi.

Hanya sekedar info, untuk membuat sushi dan onigiri supaya bisa dibentuk, memerlukan nasi yang pullen dan lengket. Biasanya beras yang digunakan adalah beras jepang atau beras korea yang jika dimasak menjadikan nasi yang lengket. Tapi kita nggak mesti nyari susah-susah beras jepang di supermarket kalau di rumah hanya ada beras biasa. Masih bisa diakali kok. Caranya memasaknya bisa dicampur dengan segenggam beras ketan (biasanya untuk beras) atau sebungkus agar-agar. Nasi yang jadi akan bertekstur lengket juga seperti menggunakan beras jepang.

Seperti yang mungkin teman-teman tahu, maki sushi ala jepang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kimbab ala korea. Setelah membaca blognya mbak ricke, ternyata pada pembuatannya terdapat perbedaan. Misal pada nasi sushi, nasi pada sushi itu adalah nasi yang dicampur dengan cuka beras. Sedangkan kimbab, nasinya dibubuhi garam dan penyedap jika suka. Kemudian biasanya sushi dicocol lagi dengan soy sauce dan wasabi, sejenis saus berwarna hijau dan pedas–pedasnya agak unik karena pedas segar– sedangkan kimbab ala korea dimakan langsung saja karena lebih berasa dibandingkan sushi. Begitupula pemotongannya, potongan maki sushi cenderung lebih tebal dibandingkan kimbab.

Sipp?? Daripada cuma membayangkan aja, mending langsung dicoba yuk di rumah, siapa tahu ada yang cocok dengan rasanya. Dibawah ini resep maki sushi. Sushi yang lain dimodifikasi dengan resep ini yaitu ambil sekepal nasi, bentuk petak, dan hias atasnya dengan bahan isi dan nori.

Resep Sushi
Sumber: Just Try and Taste

Bahan Nasi:

1. 350 gram beras
2. 1 genggam beras ketan
3. 600 ml air
4. 1/2 sdm cuka beras
5. 1/2 sdm gula pasir
6. 1 sdt garam

Bahan Isi:

1. 1/2 bungkus sosis
2. 2 buah dada ayam
3. 2 butir telur ayam plus garam dikocok lepas
4. 5 batang buncis

Pelengkap:

1. Kecap asin
2. 1 lembar nori

Cara Membuat:

1. Potong memanjang buncis atau sayuran sesuka hati dengan ukuran 1×5 cm.
2. Rebus buncis hingga layu.
3. Panaskan wajan, goreng daging ayam dan sosis. Tiriskan.
4. Dadar telur dengan sedikit minyak. Jika bagian bawah sudah keras dan bagian atas masih cair, lipat dengan ujung spatula kayu. Lipat sebanyak dua kali. Masak hingga telur dadar matang. Tiriskan.
5. Potong-potong telur dan sosis memanjang seukuran sayuran.
6. Cuci beras dan beras ketan. Masak hingga nasi matang.
7. Dalam mangkuk kecil, tuang cuka beras, gula dan garam, aduk hingga larut, sisihkan.
8. Ambil 350 gram nasi panas. Tuang sedikit demi sedikit larutan cuka beras gulgar tadi. Aduk rata. Kipas nasi selama diaduk hingga uap air menghilang.
9. Siapkan makito/ sushi mat, beri selembar nori diatasnya. Letakkan dua gumpalan nasi sushi diujung nori, ratakan dengan sendok yang dibasahi air.
10. Tambahkan gumpalan nasi lagi, ratakan. Begitu seterusnya hingga permukaan nori tertutupi nasi. Jangan memasukkan nasi sekaligus karena menyebabkan nori rusak.
11. Taruh irisan sayur, telur dan sosis, rapikan.
12. Gulung sushi dengan menekan sushi mat. Potong-potong seukuran 1 1/2 cm.
13. Sajikan dengan wasabi dan kecap asin.

Selamat Mencoba ^_^

27 Mar 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s