Pie Brownies

Bismillah

Pie brownies ini mungkin masih jarang kita jumpai diantara jajanan yang sering kita konsumsi perharinya. Pie brownies merupakan salah satu modifikasi pie baru diantara ragam pie. Rasanya terbilang unik, mirip cake brownies tapi dengan pinggiran crunch yaitu pie. Renyah dan nikmat. Kalau disuruh milih diantara kedua pie ini, kedua-duanya memiliki ciri khas yang menonjolkan kenikmatan masing-masing. Pie buah lebih terasa segar sedangkan pie brownies tentunya nyoklat banged ya.

Kalau anak-anakku sih tentu saja sangat menyukai pie brownies. Karena mereka memang penggemar beratnya coklat. Apalagi dibentuk mini seperti ini, sebentar saja langsung ludes. Di rumahku ini memang segala jenis makanan jarang banged yang bertahan lama. Setiap disuguhkan masakan atau jajanan yang saya olah, mereka langsung berebut memakannya. Ada rasa bahagia melihat makanan buatanku menjadi favorit keluarga. Hanya saja, terkadang ketika sedang malas membuat makanan, tidak ada persediaan di rumah yang akhirnya terpaksa juga bela-belain buat lagi. Dan kalau bener-bener malas, yasudah beli roti somuli yang harganya sereal dapat banyak, dimakan bersama nutella.

Membuat pie brownies ini menurutku relatif mudah terutama buat pemula seperti saya. Selain itu simpel, saya hanya perlu mempersiapkan kulit pie dan membuat adonan brownies sederhana. Adonan brownies bisa dari resep mana saja yang menjadi favorit kita. Untuk pie brownies saya, saya menggunakan resep Ny Liem yang terkenal dengan kelezatan browniesnya. Kemudian setelah kulit pie dicetak di cetakan pie mini, langsung saja diisi dengan adonan brownies kemudian panggang. Setelah matang bisa dihias dengan coretan coklat leleh atau dibiarkan plain seperti yang saya tampilkan hari ini.

Resep Pie Brownies
Sumber:
Kulit Pie oleh Neva Manda
Brownies oleh Ny Liem

Bahan:

Kulit Pie:

1. 450 gram tepung terigu
2. 200 gram margarin
3. 3 sdm susu kental manis
4. 2 butir telur, ambil kuningnya saja

Brownies:

1. 300 ml putih telur
2. 150 gram gula putih
3. 10 gram SP(saya tidak pakai)
4. 135 gram tepung terigu
5. 35 gram coklat bubuk
6. 1/2 sdt Baking powder
7. 1/4 sdt vanilli
8. 100 gram coklat blok
9. 125 ml minyak sayur

Cara Membuat:

Kulit Pie:

1. Aduk dengan tangan tepung terigu dan margarin hingga menjadi butir-butiran.
2. Masukkan susu kental manis kemudian uleni.
3. Masukkan kuning telur, uleni lagi sampai bisa dipulung-pulung lalu cetak di cetakan pie mini. Tusuk-tusuk tengahnya dengan garpu.

Brownies:

1. Kocok putih telur hingga setengah mengembang lalu masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus di mixer lalu masukkan SP, kocok sampai kental.
2. Masukkan tepung, coklat bubuk, baking powder dan vanili yang sudak diayak sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan kecepatan rendah.
3. Masukkan coklat blok yang sudah dicairkan dengan minyak, aduk dengan spatula merata ke seluruh permukaan adonan.

Penyelesaian

1. Masukkan adonan brownies ke kulit pie cukup setengah cetakan saja
2. Panggang hingga matang.
3. Angkat dan dinginkan lalu lepas dari cetakan. Hias dengan coretan coklat putih leleh atau dibiarkan plain begitu saja.

Selamat Mencoba ^_^

3 May 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s